RSS

Balon Udara

01 Mar

Udara (gas) termasuk fluida, sehingga dapat melakukan gaya ke atas terhadap benda. Gaya ke atas yang dilakukan benda sama dengan berat udara yang dipindahkan oleh benda. Agar balon dapat bergerak naik, maka balon diisi gas yang massa jenisnya lebih kecil dari massa jenis udara. Ketika balon udara diisi gas yang massa jenisnya lebih kecil dari massa jenis udara, berat udara yang dipindahkan sama dengan gaya ke atas pada balon (Hukum Archimedes). Oleh karena itu maka balon terangkat ke atas.


Balon udara memiliki ketinggian yang tak berawak, biasanya bila diisi dengan helium atau hidrogen yang  dilepaskan, umumnya mencapai antara 60.000 sampai 120.000 kaki (18-37 km). Ketinggian balon tak berawak, biasanya diisi helium atau hidrogen yang dilepaskan ke stratosfer, umumnya mencapai 60.000  Sampai 120.000 ANTARA kesemek (18-37 km. Tujuan lain digunakan sebagai platform percobaan di bagian atas atmosfer.

Balon modern umumnya berisi peralatan elektronik seperti pemancar radio, kamera, atau sistem satelit navigasi, seperti penerima GPS. Balon modern umumnya berisi Pembongkaran PEMANCAR Peralatan elektronik radio, kamera, atau sistem satelit navigasi, Pembongkaran penerima GPS.  Balon yang diluncurkan ke dalam apa yang disebut ” near space” wilayah atmosfer bumi di mana ada udara sangat sedikit, tetapi tidak cukup tinggi berada di dunia satelit. Penggerak penggunaan laser  juga dapat digunakan untuk meningkatkan ketinggian maksimal.

Di Perancis selama 1783, percobaan publik pertama dengan balon berisi hidrogen yang terlibat Jacques Charles, seorang profesor Perancis Fisika dan Robert, konstruktor terkenal instrumen fisika.

Nah itu tadi penjelasan tentang balon udara yang merupakan salah satu aplikasih dari Hukum Archimedes.

Sumber : wikipedia dan BSE

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 1 Maret 2011 in Fisika

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: