RSS

Mach Number

05 Mar

Mach Number atau Bilangan Mach (M) adalah perbandingan antara kecepatan sumber bunyi (Vs) dengan cepat rambat bunyi di udara (V) atau dapat dituliskan dalam persamaan M = Vs / V. Mach sendiri diambil dari nama  seorang fisikawan asal Austria Ernst Mach. Yang pada tahun 1897 menerbitkan karya ilmiah yang penting tentang prinsip-prinsip dasar supersonik. Mach mengusulkan sebuah bilangan untuk menyatakan perbandingan kecepatan suatu benda terhadap kecepatan suara.

Kecepatan suara dapat dirumuskan dengan persamaan a = 20.047sqrt(T), di mana T adalah temperatur udara (K), dan a adalah kecepatan suara (m/s). Persamaan tersebut berlaku untuk gas sempurna. Ketika sebuah benda (dimisalkan sebuah pesawat) menembus udara, molekul udara di dekat pesawat terganggu. Jika pesawat melintas pada kecepatan rendah (umumnya kurang dari 250 mph), kecepatan udara akan tetap .

Namun pada kecepatan yang lebih tinggi, sebagian energi pesawat menekan udara dan mengubah kerapatan udara setempat. Efek kompresibilitas meningkatkan jumlah gaya resultan pesawat. Efek ini kian penting sejalan dengan pertambahan kecepatan. Saat mendekati atau melampaui kecepatan suara (sekitar 330 m/s atau 760 mph) gangguan kecil pada aliran udara tersalurkan ke wilayah lain dalam kondisi konstan. Gangguan besar akan memengaruhi daya angkat dan hambatan pesawat.

Bisa dikatakan rasio kecepatan suatu benda dengan kecepatan suara di udara (gas) menentukan efek kompresibilitas.Karena itu rasio kecepatan tersebut menjadi penting dan dijadikan parameter. Belakangan para ahli aerodinamika menyebut parameter ini sebagai bilangan Mach (mach number). Mach number (M) memungkinkan untuk mendefinisikan “perilaku” pesawat terhadap efek kompresibilitas. Mach number biasa digunakan dalam menentukan kecepatan pesawat bahkan peluru atau peluru kendali (roket). Dengan menggunakan Mach number, kecepatan dibagi menjadi empat wilayah yakni:

  • Subsonik (Mach < 1,0)
  • Sonik (Mach = 1.0)
  • Transonik ( 0,8 < Mach < 1.3)
  • Supersonik (Mach > 1.0)
  • Hypersonik (mach > 5.0)

Referensi :

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Ernst_Mach
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Mach

 

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 5 Maret 2011 in Fisika

 

Tag: , , , , ,

2 responses to “Mach Number

  1. maestro14

    7 Maret 2011 at 4:23 PM

    apa pengaruh jabaran Mach pada bar-bar tertentu yg bukan berada pada peredaran Molekol Oksigen
    (bawah laut&Luar angkasa)
    (ada bbrp jenis kendaraan laut yg tdk menggunakan satuan knot…tp mach, wlu byk yg tdk tau)
    perbandingan apa yg digunakan untuk kecepatan dluar struktur molekul oxi sebelum dibagi dalam 4 jenis kecepatan satuan mach sebelum diketahui kompresi dan luas benda

     
    • erviaudina

      7 Maret 2011 at 4:51 PM

      silakan anda bertanya pada Yang Maha Tau wkwkwk :p

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: