RSS

Nobel?

06 Mar

Apa sih itu nobel? Sejarahnya gimana sih?  Kok orang Indonesia jarang dapat nobel ya? Itu tu pertanyaan yang lagi melintas di benakku kok bisa yaa kan ada penggagas utamanya Pak Rudy.  Nah kali ini aku mau kasih informasi ke kalian semua tentang nobel.

Awalnya nobel itu oleh adanya keinginan penemu besar dinamit, Alfred Nobel (1833-1896). Yang kemudian dilatari penyesalan gara-gara dinamit penemuannya dipakai untuk senjata pemusnah. Akhirnya menjelang ajal, kekayaannya dipakai untuk sebuah institusi yang bisa memacu terciptanya temuan serta ide gemilang yang bermanfaat bagi dunia. Lalu didirikanlah Nobel Foundation pada tahun 1901 dan diresmikan dengan memberikan penghargaan Nobel pertama kepada 6 orang tokoh.

Tiap tahun diadakan acara pemberian Nobel yang digelar pada tangal 10 December yang bertepatan dengan tanggal wafatnya Alfred Nobel. Acara pemberian Nobel ini digelar di Stockholme Concert Hall, Swedia. Untuk penghargaan dibidang perdamaian, acara pemberian digelar di Oslo City Hall, Norwegia.

Pemilihan peraih Nobel ngga gampang loh, untuk menentukan siapa yang berhak meraih Nobel melibatkan 3000 orang. Orang-orang tersebut berasal dari Lembaga Pemerintahan, Mahkamah Internasional, para Rektor, para Guru Besar, lembaga-lembaga penelitian, penerima-penerima Nobel sebelumnya, dan anggota dari Nobel Foundation di seluruh dunia. Proses ini memakan waktu setahun. Nah kan ribet juga buat nentuin peraih Nobel.

Paket penghargaan Nobel diantaranya berupa medali emas, diploma, serta uang senilai 1, 3 juta USDollar ($). Wow, banyak juga yaa hehehhe :p terus kenapa orang Indonesia jarang dapat nobel ya? Nah ini ni masalahnya orang Indonesia padahal berpotensi loh hanya saja kreatifitasnya kurang makanya jarang bisa nemuin suatu penemuan yang “wow” alias mempesona dunia. So, sekarang kalau kita pengen dapat Nobel tinggal ngembangin potensi yang ada di diri kita aja terus kita geluti hingga semoga bisa dapat hasil yang sangat memuaskan. Amin

 

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 6 Maret 2011 in Kejadian-kejadian terkini

 

Tag: , ,

2 responses to “Nobel?

  1. ditiniautami

    6 Maret 2011 at 6:30 PM

    mmmm..gimana klu ntar q dewasa,,bissa dapat nobell…hehhhee

     
    • erviaudina

      7 Maret 2011 at 2:46 PM

      hahah semua orang bisa tam. oke deh aku doakan (y)

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: