RSS

Jepang Dihantam Gempa 8,8 SR Disertai Tsunami

11 Mar

Wow, kali ini gempa berkekuatan 8,8 skala Richter berhasil mengguncang Jepang pada Jumat (11/3/2011) siang. Gempa tersebut juga telah memicu adanya tsunami yang menghantam kendaraan serta sejumlah bangunan yang terletak di dekat episentrum yang berada di pesisir laut Jepang. Gempa yang melanda Jepang ini terjadi pada pukul 14.46 waktu setempat dengan kedalaman sekitar 10 kilometer.

Gempa tersebut membuat gedung-gedung di Tokyo bergoyang. Orang-orang pun panik berlarian ke jalan-jalan. Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tsunami untuk seluruh pantai Jepang, Rusia dan Mariana Islands. Diingatkan bahwa gelombang air setinggi hingga 6 meter bisa menghantam pantai dekat wilayah Miyagi.

Setelah Jepang diguncang gempa dahsyat 8,9 Skala Richter yang diikuti tsunami mengerikan setinggi 4 meter, Badan Meteorologi Klimatalogi dan Geofisika (BMKG), mengeluarkan peringatan tsunami di daerah timur Indonesia, Jumat (11/3/2011) siang. Peringatan tsunami dari BMKG tersebut berlaku untuk Papua, Maluku Utara, dan Sulawesi Utara. Keempat daerah tersebut diperkirakan akan diterjang tsunami akibat imbas dari tsumani di Jepang.


Pertanyaannya, mengapa BMKG harus mengeluarkan peringatan tsunami, padahal jarak Jepang ke wilayah Indonesia timur paling utara di Maluku Utara itu sampai 4.100 km? Jawabnya adalah karena wilayah timur Indonesia (dan juga selatan sampai Aceh) berada di Cincin Api Pasifik (jalur gunung api yang hampir selaku juga menjadi jalur gempa) yang membujur dari Alaska di Amerika Serikat lalu menyeberang ke Shakalin, Rusia. Kemudian, melintas lurus ke selatan di wilayah pesisir Pasifik Jepang.

Dari Jepang ini, Cincin Api pecah menjadi dua. Pertama, ke barat cincin ini menyusur ke Filipina, lalu kepulauan di atas Sulawesi Utara, Maluku Utara, selanjutnya menyusur ke selatan ke wilayah Maluku, Nusa Tenggara. Jalur ini kemudian berbelok ke barat menyusuri daerah perairan selatan Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, lalu di wilayah Asia bagian selatan. Kedua, Cincin Api Pasifik patah ke timur, terus ke arah Papua dan kawasan Pasifik Selatan, lalu berujung di Selandia Baru.

Sebagaimana diberitakan, akibat gempa 8,9 skala richter (SR) dan tsunami yang terjadi di Jepang, beberapa daerah di Indonesia Timur diperkirakan terkena dampaknya. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Jumat (11/3/2011) siang, Papua, Maluku Utara dan Sulawesi Utara akan diterjang tsunami pukul 18.00 WIB. “Masyarakat di sekitar kawasan harus waspada tentang kemungkinan terjadinya tsunami di Indonesia,” ujar Rahmat Priyono, Kepala Subbidang Informasi Dini Gempa Bumi BMKG

Berbagai akibat dari Tsunami ini yaitu nilai tukar mata uang Jepang, yen, langsung melorot terhadap dollar AS setelah gempa 8,8 magnitude menggocang Jepang dan memicu tsunami juga langsung mengguncang pasar saham di Jepang, di mana Nikkei 225 jeblok 179,95 poin. Bursa Asia pun langsung terseret pelemahan ini. Aliran listrik di Jepang khususnya Tokyo padam.

Referensi : mbojosouvenirâ„¢ , inilah.com , okezone.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 11 Maret 2011 in Kejadian-kejadian terkini

 

Tag: , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: