RSS

Efek Nitrogen bagi Penyelam

18 Mar

Diving atau menyelam salah satu kegiatan yang mengasyikkan. Tapi siapa sangka ternyata ada bahayanya juga loh. Sebagian ahli penyelaman mengatakan, scuba diving merupakan salah satu aktivitas atau olahraga yang beresiko tinggi. Tentunya bila kegiatan tersebut tidak dilakukan melalui prosedur yang benar.

Dan ini hal-hal yang menjadi landasan teori bagi efek nitrogen pada penyelam:

HUKUM HENRY, hukum tersebut menyatakan bahwa pada sebuah bejana yang berisi air dan udara, bila tekanan udara ditingkatkan maka akan terjadi pelarutan udara kedalam zat cair tersebut proporsi seiring dengan peningkatan tekanan udara. Saat tekanan dalam bejana tersebut sudah cukup tinggi, apabila tekanan udara dikurangi secara perlahan-lahan, maka gas yang terlarut akan dibebaskan secara perlahan kembali ke udara tanpa membentuk gelembung udara (suhu konstan). Berarti semakin dalam penyelam menyelam, maka tekanan hidrostatisnya akan lebih besar dan akan menyebabkan volumenya gas nitrogen yang terakumulasi semakin besar juga .

HUKUM BOYLE, hukum tersebut menyatakan bahwa semakin tinggi tekanan udara, maka kepadatan molekul udara akan semakin padat pada volume yang sama (volume konstan). Berarti semakin dalam penyelam menyelam maka kepadatan gas nitogen juga semakin padat juga pada volume yang konstan.

HUKUM DALTON, Tekanan partikel dari campuran gas. Hukum ini menyatakan bahwa jumlah tekanan dari suatu campuran gas-gas adalah jumlah tekanan partial dari tiap gas yang membentuk campuran tersebut, jika gas itu secara sendiri menempati seluruh ruang (volume). Selama tekanan secara menyeluruh meningkat, tekanan partial dari tiap-tiap gas pun akan meningkat. Udara adalah suatu campuran yang terdiri dari kurang lebih 80%- N2 dan 20%-02, di permukaan laut tekanan N2 adalah sebesar :
N2 = 80% dari 1 ATA (760 mmHg)
= 0,8 ATA (608 mmHg) 02
= 20% dari 1 ATA
= 0,2 ATA (152 mmHg )

Seorang penyelam atau scuba diver harus melewati tahapan agar dapat menikmati keindahan alam di dasar laut. Seorang penyelam harus menjalani pendidikan dan pelatihan terlebih dahulu. Selain memberikan kesempatan bagi Anda menikmati keindahan bawah laut, olahraga ini baik bagi kesehatan. Anda akan memperoleh manfaat water therapy, yaitu efek yang ditimbulkan jika turun ke laut pada kedalaman tertentu. Tubuh akan menciut dan memberikan tekanan untuk melepaskan nitrogen yang mengendap di tubuh. Saat keluar dari laut, tubuh terasa mengembang dan memberikan rasa segar luar biasa.

Tabung gas yang digunakan menyelam ada tiga macam yaitu campuran antara nitrogen-oksigen, helium-oksigen dan campuran ketiga-tiganya. Ketika seorang penyelam menyelam pada kedalaman lebih dari 30 meter, nitrogen akan lebih mudah larut dalam darah dan akan mengakibatkan “keracunan nitrogen” dengan gejala seperti mabuk alkohol. Menyelam lebih dari 100 meter akan mengakibatkan kehilangan kesadaran, kebutaan bahkan kematian.

Nitrogen adalah gas yang diakibatkan oleh dekompresi jadi pada saat menyelam si penyelam  akan banyak mengirup nitrogen bebas dan oksigen karena terjadi peningkatan tekanan yang tergantung pada kedalaman dan lama penyelam didalam air. Akan tetapi oksigen yang di hirup akan mengalami proses oksidasi biologi untuk metabolism tubuh dan juga di ikat oleh hemoglobin di eritrosit. Berbeda dengan nitrogen yang tidak di hirup akan tetapi terakumulasi di dalam tubuh penyelam dalam waktu yang pendek.

So, jangan sering-sering diving atau menyelam😛

Sumber klik ini dan berbagai sumber lainnya.

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 18 Maret 2011 in olahraga

 

Tag: , , , , , , ,

2 responses to “Efek Nitrogen bagi Penyelam

  1. nandi saputra

    18 Maret 2011 at 10:16 PM

    misi bagi2 comen : )

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: