RSS

Supermoon

20 Mar

Supermoon

Sebuah Fenomena alam yang mungkin paling ditunggu-tunggu saat ini, Supermoon. Supermoon adalah penampakan bulan purnama lebih besar dari biasanya. Fenomena ini hanya terjadi 18 tahun sekali, bulan tampak sekitar 14 persen lebih besar.Fenomena supermoon ini merupakan fenomena di mana posisi bulan berada di jarak terdekat dengan bumi. Jarak terdekat itu diperkirakan terjadi setelah tengah malam ini, Sabtu (19/3/2011). Bulan akan berada di titik terdekatnya dengan bumi (perigee).

Pendiri Komunitas Astronom Amatir Langit Selatan, Avivah Yamani, menambahkan, cahaya dari supermoon akan lebih terang 30 persen dari purnama biasanya. Kondisi itu memungkinkan pengamat menikmati permukaan bulan sekaligus Planet Saturnus yang berada di dekatnya. “Kawah bulan akan terlihat lebih jelas,” ujar lulusan Pascasarjana Astronomi Institut Teknologi Bandung, itu.

Bagi kalangan peramal astrologi, fenomena supermoon dipercaya sebagai pertanda munculnya bencana besar di bumi. Namun kalangan astronom membantahnya karena menganggap itu tidak pernah terbukti. Supermoon terakhir terjadi 8 Maret 1993 dan dikaitkan dengan badai besar di Amerika Utara pada 12-13 Maret. “Itu sama saja mengaitkan supermoon dengan gempa di Jepang seminggu lalu atau kecelakaan hari ini,” katanya.
Satu-satunya dampaknya yang pasti adalah menguatnya efek pasang di laut dan rob. Namun selama ini juga tidak ada catatan kejadian luar biasa akibat kenaikan air laut itu

Namun Fenomena supermoon ini juga akan menyebabkan air pasang yang lebih tinggi dari purnama-purnama yang biasa. Jika didukung dengan angin yang tinggi pula, air pasang akan lebih besar sehingga bisa saja meluap. Kalau angin cukup besar, air pasang akan semakin tinggi karena akan ada gelombang. Selain itu, Supermoon ini tidak akan berdampak lain.

Nah buat di Indonesia Astronom Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), mengatakan, fenomena Supermoon sudah bisa di saksikan di seluruh wilayah Indonesia malam ini, Sabtu, (19/03/2011). Posisi bulan sangat dekat jaraknya dengan bumi dalam kurun waktu siklus 18 tahun. Bulan hanya akan berjarak 221.567 mil atau 356.578 kilometer dari Bumi. Supermoon udah nampak kayak di Bali, Makassar, tapi Jakarta tidak terlihat lantaran kalah dengan mendung sama seperti di Palangka Raya  supermoon nya ketutup awan mendung so, ngga kelihatan deh sayang banget ya padahal ini fenomena alam yang langka.

Referensi: klik ini dan disini , juga ini

 
8 Komentar

Ditulis oleh pada 20 Maret 2011 in Kejadian-kejadian terkini

 

Tag: , , , , , , , , , , ,

8 responses to “Supermoon

  1. stelladea

    20 Maret 2011 at 2:37 PM

    supermoon itu kemarin kan terjadinya🙂

     
  2. fransira

    20 Maret 2011 at 3:27 PM

    superstar ada nggak?

     
    • erviaudina

      20 Maret 2011 at 3:34 PM

      ada ma yang biasa di tipi-tipii :p

       
  3. normi14

    20 Maret 2011 at 3:44 PM

    cekcek.. ^^

     
  4. Rasyid Ridha

    21 Maret 2011 at 9:50 AM

    hoho, blog anak smada ya…seep2..
    teruskan kreativitas blogging:mrgreen:
    di tunggu kunjungan baliknya di http://rasyid14.wordpress.com/😆

     
    • erviaudina

      21 Maret 2011 at 12:10 PM

      Thanks🙂 oke nanti aku visit balik

       
  5. sitifadhilatunnisha

    22 Maret 2011 at 5:53 PM

    WOWW keren viee😀
    Ojo lali komen balik yee

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: