RSS

FBIM 2011 (Part III)

22 Mei

Ini dia postingan ku berikutnya tentang Festival Budaya Isen Mulang  Sebagai anak suku dayak eh tapi sebenarnya badak sih batak dayak tapi ga apa-apa sih aku tinggalnya di pulau Kalimantan juga hehehe nah jadi aku wajib dong mempromosikan Pulauku Kalimantan bagi semua orang so di beberapa postingan sebelumnya udah ada beberapa kerajinan tangan juga alat musik tradisional dari Kalimantan Tengah di beberapa Kabupatennya

Nah Ini dia Kabupaten Pulang Pisau. Kabupaten yang memiliki semboyan “Handep Hapakat” ini juga memiliki beberapa kerajinan tangan khas yang tradisional banget dan ini beberapa fotonya

Alat yang digunakan untuk menangkap ikan

Tikar, alat menjala ikan dan replika kapal oloh dayak

 Selanjutnya Kabupaten Seruyan yang beribukota Kuala Pembuang ini juga ga ketinggalan ikut memamerkan beberapa hasil kerajinan tangan tradisionalnya dan ini foto-fotonya

Piring dan gelas dari batok kelapa

Aneka barang yang dapat dihasilkan dari batok kelapa

 Kabupaten Gunung Mas, kabupaten yang merupakan pemekaraan dari Kabupaten Kapuas ini juga ga kalah sama yang lain di Kal-Teng Expo juga ikut mamerkan beberapa barang khas dayak ini dia fotonya:

Katambung

 Diatas itu merupakan katambung yaitu musik perkusi sejenis gendang yang biasa digunakan dalam upacara-upacara adat. Ukuran panjang 75cm terbuat dari kayu ulin dan bagian yang dipukul dengan telapak tangan terbuat dari kayu juga kulit ikan buntal atau binatang lainnya yang dikeringkan dan berdiameter 10cm.

Selanjutnya Kabupaten Barito Utara ,kabupaten ini beribukota Muara Teweh dan semboyan kabupaten ini adalah “Iya Mulik Bengkang Turan” Ini dia beberapa fotonya:

Anyaman dan tongkat Gading

Tongkat gading

Sejak zaman dahulu konon katanya tongkat gading ini memiliki fungsi sebagai penangkal agar maling dan ular tidak masuk kedalam rumah. Tongkat gading ini biasa diletakkan di dekat pintu masuk rumah dan didirikan secara terbalik yaitu batang yang ujungnya agak kecil di bawah dan yang agak besar di atas. Sampai saat ini ada beberapa warga yang katanya masih menggunakan tonggat gading ini.

Rambat jarang

Rambat Jarang ini merupakan barang khas tradisional dayak yang berfungsi untuk menangkap ikan dan kadang juga digunakan masyarakat dayak di pedesaan untuk membawa barang jika pergi ke ladang.

Kayu-kayu obat tradisional

Obat-obatan tradisional

Replika Rumah Betang

 Rumah Betang itu adalah rumah adat khas Kalimantan yang terdapat di berbagai penjuru Kalimantan, rumah Betang ini adalah jantung dari struktur sosial kehidupan orang Dayak. Dirumah Betang ini bisa tinggal lebih dari 2 keluarga itu sesuai seberapa besar dan panjang rumahnya. Di dalam rumah Betang ini setiap kehidupan individu dalam rumah tangga dan masyarakat secara sistematis diatur melalui kesepakatan bersama yang dituangkan dalam hukum adat.

Anyaman Tikar dari Rotan

Kain batik khas dayak dengan aneka motif seperti batang garing, gadang dll

Nah jadi itu beberapa budaya dari Kalimantan Tengah yang dipamerkan di acara Festival Budaya Isen Mulang ini di Kal-Teng Expo 2011. So sebelum Kal-Teng Expo 2011 habis dan masih sempat lihat-lihat jalan-jalan deh ke daerah Gedung Tambun Bungai ga rugi loh selain bisa nambah wawasan juga bisa hunting barang-barang bagus

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 22 Mei 2011 in Budaya

 

2 responses to “FBIM 2011 (Part III)

  1. windyana

    23 Mei 2011 at 3:13 PM

    kamu rajin sekali vii penjelasannya lengkap…😀

     
    • erviaudina

      24 Mei 2011 at 12:06 PM

      hehehe ga apa-apalah rajin dikit win thanks yaaaa

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: