RSS

Arsip Tag: indonesia

Euforia Kelulusan Siswa/i Palangka Raya

Hari Senin, 16 Mei 2011 adalah hari yang bikin deg-degan buat anak XII SMA/MA dan SMK yaitu PENGUMUMAN KELULUSAN. Dan kami juga dapat tugas untuk mendokumentasikan moment berharga tersebut. Kelompok ku anggota-anggotanya adalah Shendy, Dyna, Unis. Tapi Unis ga ikut pas kami foto-foto moment itu masalahnya pas mau berangkat sekolah di kecelakaan kecil jadi unis memar-memar sama luka-luka. GWS nis \m/

Jadi ini foto-fotonya:

Nyiapin tempat foto besama

Foto bersama guru-guru SMAN 2 P.RAYA

GEN 25 SMA 2 P. RAYA

1 2 3 lempar topinya yeeeeeee~

Read the rest of this entry »

 
6 Komentar

Ditulis oleh pada 17 Mei 2011 in artikel

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Batak Sebagai Nama Etnik Dikonstruksi Jerman dan Belanda

Akhirnya nemu juga ini ni postingan kali ini menceritakan tentang nama batak sebagai identisa etnik yang ngga berhasal dari orang batak aja tapi diciptakan atau dikonstruksi para musafir barat.Itu kemudian dikukuhkan dikukuhkan misionaris Jerman yang datang ke tanah Batak sejak tahun 1860-an. Simpulan ini dikemukakan oleh sejarahwan Unversitas Negeri Medan (Unimed) Ichwan Azhari yang baru usai melakukan penelitian di Jerman.

Di Jerman, sejarahwan bergelar doktor ini memeriksa arsip-arsip yang ada di Wuppertal, Jerman. Dalam sumber-sumber lisan dan tertulis, terutama di dalam pustaha, atau tulisan tangan asli Batak, tidak ditemukan kata Batak untuk menyebut diri sebagai orang atau etnik Batak. Jadi dengan demikian nama Batak tidak asli berasal dari dalam kebudayaan Batak, tetapi diciptakan dan diberikan dari luar.

“Kata Batak awalnya diambil para musafir yang menjelajah ke wilayah Pulau Sumatera dari para penduduk pesisir untuk menyebut kelompok etnik yang berada di pegunungan dengan nama bata. Tapi nama yang diberikan penduduk pesisir ini berkonotasi negatif bahkan cenderung menghina untuk menyebut penduduk pegunungan itu sebagai kurang beradab, liar, dan tinggal di hutan,” kata Ichwan Azhari di Medan, Minggu (14/11/2010).

Read the rest of this entry »

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada 24 Maret 2011 in Budaya

 

Tag: , , , , , ,

Supermoon

Supermoon

Sebuah Fenomena alam yang mungkin paling ditunggu-tunggu saat ini, Supermoon. Supermoon adalah penampakan bulan purnama lebih besar dari biasanya. Fenomena ini hanya terjadi 18 tahun sekali, bulan tampak sekitar 14 persen lebih besar.Fenomena supermoon ini merupakan fenomena di mana posisi bulan berada di jarak terdekat dengan bumi. Jarak terdekat itu diperkirakan terjadi setelah tengah malam ini, Sabtu (19/3/2011). Bulan akan berada di titik terdekatnya dengan bumi (perigee).

Pendiri Komunitas Astronom Amatir Langit Selatan, Avivah Yamani, menambahkan, cahaya dari supermoon akan lebih terang 30 persen dari purnama biasanya. Kondisi itu memungkinkan pengamat menikmati permukaan bulan sekaligus Planet Saturnus yang berada di dekatnya. “Kawah bulan akan terlihat lebih jelas,” ujar lulusan Pascasarjana Astronomi Institut Teknologi Bandung, itu.

Read the rest of this entry »

 
8 Komentar

Ditulis oleh pada 20 Maret 2011 in Kejadian-kejadian terkini

 

Tag: , , , , , , , , , , ,

Teroris!

Terorisme adalah serangan-serangan terkoordinasi yang bertujuan membangkitkan perasaan teror terhadap sekelompok masyarakat. Berbeda dengan perang, aksi terorisme tidak tunduk pada tatacara peperangan seperti waktu pelaksanaan yang selalu tiba-tiba dan target korban jiwa yang acak serta seringkali merupakan warga sipil.

Istilah teroris oleh para ahli kontraterorisme dikatakan merujuk kepada para pelaku yang tidak tergabung dalam angkatan bersenjata yang dikenal atau tidak menuruti peraturan angkatan bersenjata tersebut. Aksi terorisme juga mengandung makna bahwa serang-serangan teroris yang dilakukan tidak berperikemanusiaan dan tidak memiliki justifikasi, dan oleh karena itu para pelakunya (“teroris”) layak mendapatkan pembalasan yang kejam.

Akibat makna-makna negatif yang dikandung oleh perkataan “teroris” dan “terorisme”, para teroris umumnya menyebut diri mereka sebagai separatis, pejuang pembebasan, pasukan perang salib, militan, mujahidin, dan lain-lain. Tetapi dalam pembenaran dimata terrorism : “Makna sebenarnya dari jihad, mujahidin adalah jauh dari tindakan terorisme yang menyerang penduduk sipil padahal tidak terlibat dalam perang”. Padahal Terorisme sendiri sering tampak dengan mengatasnamakan agama.

Read the rest of this entry »

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 18 Maret 2011 in Kejadian-kejadian terkini

 

Tag: , , , , , , , , , , ,

Jepang Dihantam Gempa 8,8 SR Disertai Tsunami

Wow, kali ini gempa berkekuatan 8,8 skala Richter berhasil mengguncang Jepang pada Jumat (11/3/2011) siang. Gempa tersebut juga telah memicu adanya tsunami yang menghantam kendaraan serta sejumlah bangunan yang terletak di dekat episentrum yang berada di pesisir laut Jepang. Gempa yang melanda Jepang ini terjadi pada pukul 14.46 waktu setempat dengan kedalaman sekitar 10 kilometer.

Gempa tersebut membuat gedung-gedung di Tokyo bergoyang. Orang-orang pun panik berlarian ke jalan-jalan. Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tsunami untuk seluruh pantai Jepang, Rusia dan Mariana Islands. Diingatkan bahwa gelombang air setinggi hingga 6 meter bisa menghantam pantai dekat wilayah Miyagi.

Setelah Jepang diguncang gempa dahsyat 8,9 Skala Richter yang diikuti tsunami mengerikan setinggi 4 meter, Badan Meteorologi Klimatalogi dan Geofisika (BMKG), mengeluarkan peringatan tsunami di daerah timur Indonesia, Jumat (11/3/2011) siang. Peringatan tsunami dari BMKG tersebut berlaku untuk Papua, Maluku Utara, dan Sulawesi Utara. Keempat daerah tersebut diperkirakan akan diterjang tsunami akibat imbas dari tsumani di Jepang.


Pertanyaannya, mengapa BMKG harus mengeluarkan peringatan tsunami, padahal jarak Jepang ke wilayah Indonesia timur paling utara di Maluku Utara itu sampai 4.100 km? Jawabnya adalah karena wilayah timur Indonesia (dan juga selatan sampai Aceh) berada di Cincin Api Pasifik (jalur gunung api yang hampir selaku juga menjadi jalur gempa) yang membujur dari Alaska di Amerika Serikat lalu menyeberang ke Shakalin, Rusia. Kemudian, melintas lurus ke selatan di wilayah pesisir Pasifik Jepang.

Dari Jepang ini, Cincin Api pecah menjadi dua. Pertama, ke barat cincin ini menyusur ke Filipina, lalu kepulauan di atas Sulawesi Utara, Maluku Utara, selanjutnya menyusur ke selatan ke wilayah Maluku, Nusa Tenggara. Jalur ini kemudian berbelok ke barat menyusuri daerah perairan selatan Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, lalu di wilayah Asia bagian selatan. Kedua, Cincin Api Pasifik patah ke timur, terus ke arah Papua dan kawasan Pasifik Selatan, lalu berujung di Selandia Baru.

Sebagaimana diberitakan, akibat gempa 8,9 skala richter (SR) dan tsunami yang terjadi di Jepang, beberapa daerah di Indonesia Timur diperkirakan terkena dampaknya. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Jumat (11/3/2011) siang, Papua, Maluku Utara dan Sulawesi Utara akan diterjang tsunami pukul 18.00 WIB. “Masyarakat di sekitar kawasan harus waspada tentang kemungkinan terjadinya tsunami di Indonesia,” ujar Rahmat Priyono, Kepala Subbidang Informasi Dini Gempa Bumi BMKG

Berbagai akibat dari Tsunami ini yaitu nilai tukar mata uang Jepang, yen, langsung melorot terhadap dollar AS setelah gempa 8,8 magnitude menggocang Jepang dan memicu tsunami juga langsung mengguncang pasar saham di Jepang, di mana Nikkei 225 jeblok 179,95 poin. Bursa Asia pun langsung terseret pelemahan ini. Aliran listrik di Jepang khususnya Tokyo padam.

Referensi : mbojosouvenir™ , inilah.com , okezone.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 11 Maret 2011 in Kejadian-kejadian terkini

 

Tag: , , , , , , , ,

Tanya kenapa?

Kenapa di Negara Asia lebih banyak sepeda motor dibandingkan mobil?


Di dunia ini kan  ada 6 benua dan salah satunya BENUA ASIA yang merupakan benua terbesar di dunia terus di benua asia itu terbagi lagi dalam beberapa negara di setiap bagiannya. Ditambah lagi populasi penduduknya yang super duper banyak alias padat kayak Republik Rakyat Cina, India dan termasuk Negara tercinta kita ini Indonesia hehehe  😀

Kenapa di Negara asia lebih banyak sepeda motor dibanding mobil? Kendaraan roda dua? Hmmm, kita ambil contoh aja Indonesia deh di daerah ibukotanya kan kayak Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, dan kota-kota besar lainnya pasti ada dong yang namanya macet apa lagi kalau sudah jam-jam orang-orang pada sibuk mau memulai aktifitas sama pas mereka mau pulang kerumah selesai sekolah, kuliah, kerja dll.

Makanya kebanyakan masyarakat Indonesia khususnya suka pake sepeda motor kan biar mudah nyeli-nyelipnya dijalanan ibukota selain bensinnya juga lebih irit, motor juga kan lebih gesit dari mobil. Oiia, kalau dilihat atau diperhitungkan dari segi harga jelas lah motor lebih ringan harganya dari mobil pajaknya juga gitu kan di dunia ini lebih banyak masyarakat ekonomi standar-standar aja dari pada yang ekonomi atas hehehe 😀

So, itu pendapatku kalau kalian gimana teman-teman? 😛 Cek pendapat mereka

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 4 Maret 2011 in Kejadian-kejadian terkini

 

Tag: , , , ,